Jumat, 17 Februari 2012

Resep Ramuan Tanaman Herbal Tempuyung Obat Batu Ginjal


Resep Ramuan Tanaman Herbal Tempuyung Obat Batu Ginjal.Tanaman herbal temputung obat batu ginjal. Daun tempuyung sudah dari dulu terkenal sebagai obat herbat atau tradisional penggempur batu ginjal. Mungkin anda belum tau seperti apa tanamannya? Dan bagian mana yang membuatnya berkhasiat?

Dari asal usulnya sebenarnya dari daratan Eurasia (Perbatasan Eropa Timur dan Asia Barat Daya). Di bawa ke Indonesia sejak jaman penyebaran agama Hindu di pulau Jawa dulu. Nama tempuyung (Sonchus Arvenses) diambil dari nama Jawa “tempuh wiyung.”

Apanya yang berkhasiat dari tanamanherbal tempuyung?
Tempuyung yang berbatang bulat hanya bisa tumbuh setinggi 0,5 – 1,5 m. Batangnya berongga, kalau dilukai akan mengeluarkan getah putih seperti susu. Tempuyung tumbuh liar dekat tembok rumah.

Daunnya yang hijau licin dengan sedikit ungu mempunyai tepian berombak dan bergigi tidak beraturan. Daun inilah yang berkhasiat sebagai penggempur batu ginjal. Khasiat daun tempuyung untuk menggempur batu ginjal memang sudah terkenal. Di koperasi Produsen Obat-obat Tradisional Bhineka Karya Manunggal Bogor, tempuyung dijual dalam bentuk teh celup dan daun yang sudah dikeringkan.

Bagaimana resep pembuatannya?

Untuk membuat ramuan obat herbal tempuyung adalah sbb :  diperlukan 3 lembar daun tempuyung yang direbus dalam panci kecil bersama air bersih 2 gelas hingga airnya tinggal setengahnya. Dinginkan, saring dan minum sehari 3 x.

Sumber:
http://baitulherbal.com/tanaman-herbal/tanaman-herbal-tempuyung-obat-batu-ginjal/

0 komentar:

Posting Komentar